Minggu, 01 Februari 2009

Akankah Aplikasi SAK 2009 dibuat baru?

Mungkin pertanyaan ini ada di benak para pengguna sakpa. Perlu kami jelaskan bahwa SAK versi 2009 mungkin akan di kembangkan, mengingat akan adanya perubahan Bagan Akun Standar. Apa saja yang berubah? kami sendiri belum tau pasti, yang jelas banyak akun baru yang sudah digunakan pada DIPA, tetapi tim Akuntansi belum menerima permintaan tambahan akun. Ada isu bahwa belanja modal dikapitalisasi juga akan dihilangkan, dan mungkin ada yang lain lagi, sehingga perlu ada MAPPING ( bukan MAKKING ya...) akun dari akun lama ke akun baru.
Kenapa MAPPING perlu? karena memang Laporan LRA harus ada laporan comparative, sehinga belanja tahun lalu harus bisa disandingkan dengan Belanja Tahun berjalan.

Prosedur akuntansi juga mungkin ada perubahan. Kita hanya bisa berharap perubahan tidak terjadi secara tiba-tiba, karena Anda Repot kami pun Repot dibuatnya.

1 komentar:

  1. Mau nambahkan sedikit mengenai akun yang pada waktu tutup tahun akun tersebut membuat sendiri menjadi akun baru yang didalam laporan neraca menjadi minus, akun tersebut adalah "Utang pada pihak ketiga" lawannya "Dana yg harus disediakan untuk pembayaran utang jangka pendek".
    Pada aplikasi th 2007 hal tersebut dapat diubah akunnya, tetapi pd saat tahun 2008 ditutup tahun terjadi akun baru yg minus.
    Mohon informasinya untuk permasalahan tersebut.
    Trimakasih sebelumnya.

    BalasHapus